Cuma mau update aja perkembangan badan gue setelah hampir stengah tahun balik ke Indonesia. Termasuk lambat sih karena awal2 balik gue kangen banget sama makanan Indo dan masih makan cukup… banyak… wakakakkakak

Cuma 3 bulanan terakhir gue jadi lebih mulai rajin olahraga and kadang diet (tapi masih cheat juga kadang) susah sih susah banget to stick with the plan sometimes gue klo udh stick ya stick banget tapi kadang ya kendor juga. Yg pasti kalo kendor ga akan jauh2 banget dari calories deficit yg udah gue targetin. Alhasil sekarang gue udah turun 10 kg for good. Yess udh lebih keliatan normal tp masih banyak fat tissue karena emang sebenernya bisa lebih kering dari ini.

So i took one step at a time karena gue ga mau juga terlalu stress dan forsir badan gue yg bakalan berujung nantinya ga baik lagi karena pasti akan back to bad habits kalo berubah terlalu extreme dan binge eating (makan tanpa mengenal hari esok karena udah ngidam yang di pendam(?) udh kayak dendam(?) lol). Jadi ya gue rasa slow but sure akan lebih baik. Karena gue juga tipe orang yg maunya instant apa2 cepet jadi.

Tapi gue sadar banget bahwa itu ga akan bawa gue kemana2 karena pasti badan gue stress dan kaget. Sedangkan sekarang musim liburan dll. Yes gue mau lean, tapi mental gue harus clean juga. So, buat temen2 yg mau diet, tetep aja kuncinya cuma satu, consistent tapi ga buru2 dan forsir diri sendiri.

Karena emang bener kata orang2 warganet, sesuatu yg diperoleh instant akan hilang secara instant juga or paling ga bakal damage kamu secara mentally, physically. Kalo udah begitu apa artinya hidup? Bukannya kita punya hidup juga untuk di nikmati? Jd ya balance aja. Slow but steady. Slow but sure. We’ll get there! (baca blog post gue yg sebelumnya pas masih gendut. Gue ikut challenge dan memforsir tubuh gue, alhasil pas bebas dikit gue binge eating!)

Buat kalian yg dietnya juga kok rasanya berat badan stuck atau segitu2 aja, dont give up! It happened to me too and u guys are not alone. Tetep usaha aja. Karena orang kalah itu bukan pada waktu dia gagal. Tapi ketika dia berhenti mencoba selagi masih ada kesempatan (masih idup gitukhan yah) Tapi self discipline itu sangat penting jadi kalo cheat ya sadar diri sadar badan jugakk okehh 😀

Buat yang tanya aku gym berapa kali seminggu. Aku gym 3-4 kali seminggu. Tapi kalo ga gym aku juga biasain jumping rope di rumah 20 mins tiap hari ga gym. Jadi tetep burn calories and lebih active. Kenapa aku pilih jumping rope di antara semua cardio? Karena dia yg paling active untuk burn fats di semua core parts of body. Dan juga melatih endurance and stability kita juga. And pembakaran calories paling banyak dan effective memang jumping rope dibandingkan lari marathon (bukan sprint ya) dan sepeda santai (bukan naik turun gunung sama utan2 lembah belantara ;-;)

Gimana caranya turun berat badan walaupun dikit2? Ya itu tadi calories deficit. Untuk saat ini sih gue ga gt merhatiin nutrients dari yg gue makan makanya mungkin turun bbnya agak lemot yak. Tapi ya thats what i’m doing these days. Dan lebih ngehindarin carbs, walaupun bukan berarti ga makan sama sekali ya. Kadang gue juga makan ramen kok atau nasi wakakkaka.

Semasa deficit aja caloriesnya atau lebih dikit dari deficit. Buat yg ga tau apa itu calories deficit itu adalah kalori yg kamu bakar itu lebih banyak dari pada kalori yg masuk ke tubuh kamu. Jadi harus itung kalo kira2 seminggu mau turun brp 1-2 kg berapa kalori yg harus di bakar dan di masukkan ke dalam tubuh. Ini tergantung umur (karena umur pengaruh sama metabolism) tinggi badan dan berat badan kamu sekarang.

Semoga article kali ini membantu buat kalian2 para readers yang sedang struggling seperti saya karena sayapun masih berjuang menjadi lebih lean and better. Aku bakalan lebih rajin upload lagi untuk perkembangan fitness maupun mengenai yg lain2 seperti review untuk beauty, food and travel dan kadang sesi curcol juga boleh tentang pemikiran aku dan experince aku. So make sure kalian subscribe blog aku ya jadi kalo ada new article bakal ada notif di email atau ga check terus ig story aku ya atau click link di bio (buset sar banyak amat netijen mulai muak)

Anyway here is my current photos of me. i love myself and quite happy with my current body. Still i see myself getting there very soon. Ayo kita saling support satu sama lain ya kalo ada pertanyaan bisa email aku atau isi question box di IG story aku karena kadang aku bikin QnA juga di IG. Masih kelihatan cukup berisi sih but i’m getting more comfortable using any kind of clothes karena udah ga segendut waktu masih di Melbourne.

All the best, and stay true to urself

With Love,

Sara Sentosa